nav-left cat-right
cat-right

Cara mengatasi luka pendarahan

luka luarCara mengatasi luka pendarahan- Jaringan tubuh seringkali mengalami luka, baik luka ringan maupun yang berat. aktivitas kita sehari-hari meskipun sudah berhati-hati namun tetap saja beresiko terhadap kecelakaan yang mengakibatkan luka perdarahan.
sebenarnya apa yang dimaksud dengan luka ? secara medis, luka di definisikan sebagai kerusakan keutuhan (kontinuitas) kulit, membran dan tulang atau organ tubuh lain. saat terjadinya luka, maka akan muncul beberapa gejala seperti hilangnya seluruh atau sebagian fungsi organ, perdarahan, rasa nyeri, kontaminasi bakteri, dan kematian sel. Berdasarkan proses terjadinya, luka dapat dibedakan menjadi :

  • Luka insisi, yakni luka yang terjadi akibat teriris benda tajam.
  • Luka memar, merupakan luka yang terjadi akibat benturan oleh benda dan menekan jaringan lunak tubuh.
  • Luka tusuk, adalah luka yang terjadi akibat adanya benda, seperti peluru atau pisau yang masuk ke dalam kulit dengan diameter yang kecil.
  • Luka gores, adalah luka yang terjadi akibat benda tajam seperti kaca atau kawat.
  • Luka tembus, adalah luka yang menembus bagian dalam tubuh. diameter pada luka masuk biasanya kecil, kemudian pada luka keluar diameternya besar.
  • Luka bakar, yakni luka yang disebabkan oleh api/ sesuatu yang panas.

semua jenis luka tersebut dapat menimbulkan perdarahan baik sedikit maupun banyak. nah, berikut ini beberapa cara tepat dalam penanganan luka akibat perdarahan :

  1. Pada  prinsipnya, menangani luka perdarahan ialah untuk menghentikan perdarahannya.
  2. Sebelum menolong korban, cuci kedua tangan dengan air mengalir dan sabun.
  3. Idealnya saat membersihkan luka memakai sarung tangan. hal ini penting untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri yang ada di luka korban ke tangan penolong. apalagi jika korban diduga menderita HIV atau hepatitis.
  4. Bersihkan luka dengan air bersih yang mengalir.
  5. Bilas luka dengan cairan antiseptik yang tersedia di pasaran, seperti povidon iodin 10%. gunanya untuk membunuh sebagian bakteri yang masih menempel di luka.
  6. Jika luka mengeluarkan darah, balut luka dengan kain kassa disertai tekanan pada luka saat membalut, tujuannya untuk menghentikan perdarahan dengan cara membantu mekanisme pembekuan darah bekerja sehingga jaringan yang terpisah bisa bertemu. pada beberapa kasus luka perdarahan memang harus di jahit. namun dengan balut tekan akan menjadi pertolongan pertama sebelum ditangani oleh tenaga medis.
  7. Pada luka yang banyak mengeluarkan darah, sebaiknya baringkan korban. jika luka terdapat di bagian tungkai, usahakan bagian yang luka itu diangkat sehingga posisinya lebih tinggi dari jantung. tindakan menghentikan perdarahan harus didahulukan sebelum luka dibersihkan dengan sempurna.
  8. Lepaskan pakaian atau kain yang ada disekitar luka. lepaskan juga perhiasan seperti gelang, cincin, dan jam tangan sehingga tidak mengganggu proses pembersihan atau pembekuan darah.
  9. Tekan dengan kassa balut selama 15 menit. jika darah merembes tambahkan lagi dengan kassa atau kain di atasnya.
  10. Pada luka ringan, perdarahan biasanya akan berhenti meski telah dilakukan penekanan selama 15 menit berulang-ulang, segeralah bawa ke rumah sakit. dikhawatirkan terdapat kelainan darah.
  11. Pada luka berat atau perdarahan hebat, lakukan tindakan penekanan selam 15 menit, sambil meninggikan bagian yang terluka (posisi luka lebih tinggi dari jantung). segera bawa korban ke rumah sakit. jangan sekali-sekali mengikat bagian yang mengalami perdarahan dengan tujuan menghambat aliran darah. hal ini dapat mengakibatkan kematian jaringan. pada beberapa kasus, tindakan tersebut dapat mengakibatkan korban diamputasi.

dan 1 fakta baru ternyata xamthone plus bisa mengeringkan/ menyembuhkan luka luar, caranya yakni dengan menyiram/ meneteskan xamthone plus ke luka luar yang sebelumnya sudah dibersihkan.
dengan penanganan luka perdarahan yang tepat, maka luka perdarahan dapat ditangani dengan baik. setidaknya untuk pertolongan pertama sebelum sebelum korban ditangani oleh tenaga medis. (DK)

Artikel yang sering di cari:

comments :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*Info: Pemesanan wilayah Jakarta dan sekitar GRATIS ONGKOS KIRIM Klik disini